sifat atau prilaku seorang wirausaha


sifat atau prilaku seorang wirausaha

  

Menurut Alma (2008: 32) sifat dan prilaku wirausaha, Antara lain:
a. Wirausaha yang memiliki inisiatif
b. Wirausaha yang mengorganisir mekanis sosial dan ekonomi untuk menghasilkan sesuatu. Berani menerima resiko dan kegagalan

Sedangkan menurut Priyono dan soerata (2004: 89) mengemukan beberapa sikap sebagai seorang wirausahawan, antara lain:

a. Mempunyai motivasi berprestasi tinggi

Seorang wirausahawan yang berhasil pasti memiliki motivasi yang kuat untuk berprestasi tinggi. Motivasi itulah yang memberikan dorongan kepada seseorang supaya segala tindakannya diarahkan kepada standar prestasi yang telah ditetapkan.

b. Bersikap optimis dan berpikir positif

Bersikap optimis dan berpikir positif mempunyai kandungan makna “pantang menyerah” tidak mudah putus asa dalam menghadapi setiap ujian dan tantangan dalam kehidupan usahanya.

c. Berpikir kreatif dan inovatif

Berpikir kreatif dan inovatif adalah merupakan kemampuan untuk menemukan hal-hal yang baru dan selalu mencari alternatif pemecahan masalah dengan cara yang efektif dan efisien.

d. Mempunyai wawasan luas kedepan

Seorang wirausahawan wajib memiliki wawasan yang luas dan pandangannya diarahkan ke masa depan, ia harus mampu memprediksi dan mengantisipasi berbagai kejadian atau peristiwa bisnis pada masa yang akan datang. Wawasan luas ke depan ini juga menyangkut sikap dan mental seorang wirausahawan.

e. Keberanian mengambil resiko moderat

Pengambilan resiko harus didasarkan atas pertimbangan yang rasional terhadap tingkat keberhasilan atau kegagalan, sebelum mengambil resiko hendaknya masalah sudah dirumuskan dengan jelas. Usahakan dalam pengambilan resiko untuk mengambil resiko yang moderat, artinya resiko yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

f. Mengambil keputusan

Kemampuan mengambil keputusan dan keberanian mengambil resiko adalah salah satu unsur pokok dalam wirausaha. Pada hakikatnya, membuat keputusan adalah memilih alternatif pemecahan masalah dan pada umumnya alternatif itu mempunyai keuntungan dan kerugian yang berbeda-beda, selain itu juga mengandung ketidakpastian sehingga kebanyakan orang sulit untuk memutuskannya.

g. Kemampuan bekerja sama

Dalam dunia usaha, kerja sama usaha dijalin untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Kehidupan sebuah usaha didukung oleh berbagai pihak, ia tidak bisa berdiri sendiri, ia kait-mengkait dan ada saling ketergantungan satu sama lain. Oleh karena itu seorang wirausahawan harus mampu menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan pihak lain.

h. Kemampuan berkomunikasi

Dalam dunia kewirausahaan komunikasi menjadi sangat penting karena komunikasi berhubungan dengan setiap tujuan yang akan dicapai. Komunikasi adalah “roh” usaha. Buah dari komunikasi adalah saling pengertian, kerja sama, koordinasi serta tindakan-tindakan nyata yang efektif dan efisien. Oleh karena itu seorang wirausahawan harus mampu menjalin dan membangun komunikasi dengan baik.

i. Kemampuan memimpin.

Dalam perusahaan, aspek kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting dalam menentukan perusahaan itu berhasil atau gagal. Seorang pemimpin harus bisa memotivasi orang, atau dengan kata lain mampu mengubah potensi menjadi realitas. Di lain sisi seorang pemimpin harus bisa menerima kritik dan saran dari orang lain sehingga terjadi komunikasi yang baik diantara keduanya.

j. Kemampuan bekerja secara mandiri Seorang wirausahawan harus mampu bekerja secara mandiri dalam berbagai situasi, bahkan dalam situasi konflik sekalipun, kemandirian merupakan bagian hidup kewirausahaan.

No comments:

Post a Comment

My Shop

Lakukan kebaikan kecil hari ini dengan cara memberitahukan blog ini kepada teman/kawan anda, barangkali apa yang ada di sini bisa membantu kesulitan mereka dalam mengerjakan skripsi.

Salam sukses

sahabat skripsi

Ingat SKRIPSI ingat SAHABATSKRIPSI.BLOGSPOT.COM