Karakteristik Wirausahawan

Karakteristik Wirausahawan


Wirausaha (entrepreneur) selalu berkomitmen dalam melakukan tugasnya sampai berhasil. Ia tidak setengah-setengah dalam melakukan pekerjaannya. Menurut Steinhoff dan John F Burgess dalam Suryana (2003: 16) karakteristik yang diperlukan untuk menjadi wirausaha (entrepreneur) yang berhasil antara lain:

a. Memiliki visi dan tujuan yang jelas.

b. Bersedia menanggung resiko waktu dan uang.

c. Berencana dan mengorganisir.

d. Kerja keras sesuai dengan tingkat kepentingan dan kemampuannya.

e. Mengembangkan hubungan dengan pelanggan, pemasok, pekerja dan yang lainnya.

f. Bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan.

Selain itu menurut hasil dari berbagai penelitian di Amerika Serikat oleh Marbun dalam Alma (2001 :39), untuk menjadi wirausahawan seseorang harus memiliki cirri-ciri sebagai berikut:

a. Percaya diri

Karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak tergantung pada orang lain, dia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, obyektif dan kritis. Dia tidak saja begitu menyerap pendapat atau opini orang lain, tetapi dia mempertimbangkan secara kritis. Emosionalnya boleh dikatakan sudah stabil, tidak gampang tersinggung dan tingkat sosialnya tinggi serta penolong dan dekat dengan Khaliq sang pencipta.

b. Berorientasi pada tugas dan hasil

Ciri-ciri seperti ini tidak mengutamakan prestise dulu prestasi dikemudiankan, tetapi ia gandrung pada prestasi baru kemudian setelah berhasil prestisenya akan naik. Berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise.

c. Pengambilan resiko
Seseorang yang suka mengambil resiko akan memberikan kontribusi yang baik jika dibawa ke dalam wirausaha agar terbiasa dengan resiko dan tantangan, seperti persaingan harga turun naik, barang tidak laku, dan persaingan bisnis. Namun semua tantangan ini harus dihadapi dengan penuh perhitungan

d. Kepemimpinan

Sifat kepemimpinan memang ada dalam diri masing-masing individu. Seorang pemimpin yang baik harus bersifat responsive dan mau menerima kritikan dari bawahan.

e. Keorisinilan

Sifat orisinil adalah tidak mengekor pada orang lain, tetapi memilki pendapat sendiri, ada ide yang orisinil, dan ada kemampuan untuk melaksanakan sesuatu. Orisinil tidak berarti baru sama sekali, tetapi produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen-komponen yang sudah ada, sehingga melahirkan sesuatu yang baru.

f. Berorientasi ke masa depan

Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Untuk menghadapi pandangan jauh kedepan , seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang, agar jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan.

Sedangkan menurut M Scarborough dan Thomas W. Zimerrer dalam Suryana (2003: 14) mengemukakan delapan karakteristik wirausaha (entrepreneur), yang meliputi, antara lain:

a. Desire for responsibility, yaitu memilki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. Seorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan selalu mawas diri.

b. Preference for moderat risk, yaitu lebih memilih resiko yang moderat, artinya ia selalu menghindari resiko, baik yang terlalu rendah maupun resiko yang terlalu tinggi.

c. Confidence in their ability to success, yaitu percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil.

d. Desire for immediate feedback, yaitu selalu menghendaki umpan balik yang segera.

e. High level of energy, yaitu memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.

f. Future orientation, yaitu berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh kedepan.

g. Skill at organizing, yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.

h. Value of achievement, yaitu lebih menghargai prestasi dari pada uang.

Menurut ahli lain, seperti Venon A musselman, wasty sumanto dan Geoffry Meredith dalam Suryana (2003: 15) adalah sebagai berikut:

a. Keinginan yang kuat untuk berdiri sendiri.

b. Kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko.

c. Kemampuan untuk belajar dari pengalaman masa lalu. d. Memotivasi diri sendiri.

e. Semangat untuk bersaing.

f. Orientasi pada kerja keras.

g. Percaya pada diri sendiri.

h. Dorongan dan motif untuk berprestasi.

i. Memiliki energi yang tinggi.

j. Sikap tegas.

k. Yakin pada kemampuan diri sendiri.

Wasti suwanto menambah ciri-ciri yang ke-l dan ke-m karakterisitik seorang wirausaha adalah:

l. Tidak suka uluran tangan dari pihak lain, seperti pemerintah.

m. Tidak tergantung pada alam dan berusaha untuk tidak menyerah pada alam.

My Shop

Lakukan kebaikan kecil hari ini dengan cara memberitahukan blog ini kepada teman/kawan anda, barangkali apa yang ada di sini bisa membantu kesulitan mereka dalam mengerjakan skripsi.

Salam sukses

sahabat skripsi

Ingat SKRIPSI ingat SAHABATSKRIPSI.BLOGSPOT.COM