cara membuat proposal skripsi

cara membuat proposal skripsi

beberapa hari yang lalu ada salah seorang yang menghubungi saya dan kebetulan beliau adalah seorang mahasiswi dari salah satu perguruan tinggi yang ada di kota yogyakarta, beliau menghubungi saya lantaran kebingunan dengan cara membuat proposal skripsi, yang katanya baru untuk tugas mata kulian metodologi penelitian. karena saya juga berdomisili di yogyakarta maka kami jadwalkan pertemuan untuk membahas hal tersebut.
ketika saya tanyakan kenapa g' bisa membuat proposal skripsi dia menjawab, saya bingung mas dan ketika tanya sama teman-teman saya, mereka juga g' bisa jawab, soale mereka juga kebingungan. heheee(dia sambil tertawa).
yang bisa saya ambil kesimpulan dari ulasan diatas adalah ternyata masih banyak mahasiswa/mahasiswi yang masih kebingungan bagaimana cara membuat proposal skripsi, meskipun sudah belajar matakuliah metodologi penelitian. nah.....maka dari itu tulisan ini saya buat dengan maksud agar bisa sedikit membantu kawan-kawan yang sedang kesulitan dalam membuat proposal skripsi.
dibawah ini akan saya coba uraikan bagaimana cara membuat proposal skripsi, apa isi dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

mari kita mulai.......
agar lebih mudah memahami saya sarankan kawan-kawan sudah punya contoh skripsi, jika belum punya silahkan download di blog ini.
cara membuat proposal skripsi
cara membuat proposal skripsi
embuat proposal skripsi tentunya ada patokan (aturan main) dari setiap perguruan tinggi masing-masing, dibawah ini kami menjelaskan proposal skripsi berdasarkan pengalaman dari membimbing mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi.
proposal skripsi umumnya terdiri dari:

1. judul skripsi/penelitian
judul skripsi ini merupakan ekspresi atas topik penelitian yang akan di teliti, judul skripsi sebaiknya dibuat sesingkat mungkin dan mencerminkan secara tepat tema penelitian yang akan dilakukan, menggunakan kalimat yang jelas dan lugas sehingga tidak multi interpretatif (lihat contoh judul skripsi yang ada di blog ini)

2. latar belakang masalah
penelitian pada umumnya didasari adanya suatu masalah dan masalah tersebut harus diungkapkan secara tegas di dalam latar belakang masalah, adapun penjelasan bisa dilihat disini

3. rumusan masalah
rumusan masalah skripsi atau pertanyaan penelitian pada hakikatnya adalah butir-butir yang lebih jelas atas permasalahan yang diungkapkan di dalam latar belakang masalah, adapun lebih jelasnya bisa dilihat disini

4. tujuan penelitian
tujuan penelitian merupakan informasi yang ingin disampaikan oleh seorang peneliti untuk menjawab rumusan masalah. oleh karena itu tujuan  penelitian hendaknya memuat target yang ingin dicapai dalam penelitian, sesuai dengan sesuatu yang terkandung di dalam rumusan masalah.

5. manfaat penelitian
merupakan hasil yang akan diperoleh setelah penelitian dilakukan. hal ini berkaitan erat hubungannya dengan tujuan penelitian.

6. telaah pustaka
setelah membuat tahapan-tahapan diatas maka untuk menemukan jawabannya diperlukan telaah-telaah pustaka. telaah pustaka memuat keterangan-keterangan dari penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya oleh orang lain (penelitian terdahulu).

7. kerangka teori
kerangka teori adalah teori-teori yang dipakai untuk menjuruskan atau merumuskan suatu hipotesis, toeri yang dipakai adalah teori yang betul-betul pilihan, lengkap dan relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

8. hipotesis (jika ada)
hipotesis merupakan jawaban sementara dari penelitian, selengkapnya tentang hipotesis bisa dilihat disini

9. metode penelitian
merupakan urutan pelaksanaan penelitian, bagaimana penelitian itu akan dikerjakan, bagaimana hasil penelitian akan dituangkan. metode penelitian biasanya termuat dari:
a. jenis penelitian atau pendekatan penelitian
b. subyek dan obyek penelitian
c. tempat atau lokasi penelitian
f. metode penentuan sampel
g. cara membuat uji instrumen
h. bahan-bahan atau alat-alat yang akan dipakai dalam penelitian (jika ada)
i. jalannya percobaan penelitian secara rinci (jika ada)
j. cara memperoleh data/ sumber data
k. cara analisis dan alat analisis data

10. sistematika pembahasan
memuat argumen-argumen logis yang mengemukakan pentingan bab dan sub bab dan hubungan satu bab dengan bab yang lain

11. daftar pustaka
daftar pustaka sementara bisa berupa buku, jurnal, sumber-sumber lain yang relevan yang telah dipublikasikan secara umum.

12. lampiran (jika ada)


membuat proposal skripsi
membuat proposal skripsi
emikianlah yang bisa saya sampaikan untuk penjelasan cara membuat proposal skripsi, adapun biar lebih bisa memperjelasnya maka silahkan download salah satu contoh skripsi disini agar bisa melihat secara detail bagian per bagian. jika ada yang masih bingung boleh menghubungi saya dan kita diskusikan selanjutnya. terimakasih, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua..aminn





salam skripsi

sahabatskripsi.blogspot.com



My Shop

Lakukan kebaikan kecil hari ini dengan cara memberitahukan blog ini kepada teman/kawan anda, barangkali apa yang ada di sini bisa membantu kesulitan mereka dalam mengerjakan skripsi.

Salam sukses

sahabat skripsi

Ingat SKRIPSI ingat SAHABATSKRIPSI.BLOGSPOT.COM